Monday, May 18, 2009

USER INTERFACE

User interface (antar muka pengguna) merupakan bagian system yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi2 suatu system. Ia juga dianggap sebagai jumlah keseluruhan rekayasa bentuk. Suatu antarmuka secara tidak langsung juga menunjukkan fungsi system kepada pengguna. Dengan kata lain, antarmuka merupakan gabungan dari elemen2 suatu system, elemen2 dari pengguna, dan juga komunikasi atau interaksi di antara keduanya. Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan produk melalui antarmuka pengguna.
Sebuah system antarmuka pengguna memiliki peranti masukan (seperti keyboard, mouse, dan media input lainnya), peranti keluaran (seperi monitor, suara dan printer), masukan dari pengguna (seperti grafik, bunyi, dan tulisan ).
Penggunaan computer sekarang tidak lagi hanya terjadi pada golongan yang terlibat dalam bidang computer secara langsung. Computer telah menjadi salah satu keperluan penting sehari – hari dan digunakan oleh pengguna dengan tahap kemahiran yang berbeda. Kita tidak boleh lagi menganggap bahwa semua pengguna telah mahir dalam menggunakan computer. Oleh karena itu, antarmuka pengguna perlu dibentuk sedemikian rupa sehingga lebih mudah dimengerti dan digunakan oleh pengguna.
Peran antarmuka pengguna dalam kedaya gunaan (usability) suatu system sangatlah penting. Oleh karenanya bentuk dan pembangunan antarmuka pengguna perlu dilihat sebagai salah satu proses utama dalam keseluruhan pembangunan suatu system.
Rekayasa bentuk user interface merupakan suatu proses yang kompleks yang memerlukan daya kreativitas tinggi, pengalaman, analisis yang terperinci dan pemahaman terhadap kebutuhan user. User interface bisa diatur dengan menggunakan pilihan dari pembuat computer, analisis system, pemrogram ataupun oleh user itu sendiri. Walau bagaimanapun kebanyakan user interface direkayasa dan dibangun dengan menggunakan computer.






No comments:

Post a Comment