Monday, May 18, 2009

SAVE OUR EARTH !

Sadar nggak kaLo bumi daLam bahaya gara – gara uLah kita sendiri ? bayangin aja, hutan – hutan alam di seLuruh dunia lenyap sekitar 6 juta hektar seTiap tahun bRo !!! parah banget kan ??!!! From now on, kita wajib menyayangi bumi untuk kebaikan kita semua.
Guys, setiap tanggaL 22 ApriL diperingati Hari Bumi InternasionaL atau bahasa kampong gw, Earth Day’. Isu gLobaL warming atau pemanasan gLobaL memang udah jadi focus utama yang membuka semua mata orang untuk lebih mencintai bumi yang semakin banyak mengaLami kerusakan. Sebagai penghuni bumi ini, banyak yang kita bisa berikan pada pLanet kita ini.
 seLama ini kan, kita hanya dengar istiLah pemanasan gLobaL atau gLobaL warming yang terjadi di bumi kita ini. Tapi mungkin di antara kita hanya sedikit yang tahu arti sebenarnya. Fenomena ini sangat mengerikan loh ! peningkatan temperature gLobaL dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (green house effect), yang disebabkan oLeh meningkatnya emisi gas – gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4¬), dinitrooksida (N2O) dan CFC (cLoro fLoro carbon), sehingga energy matahari yang terperangkap daLam atmosfer bumi. Kebayang nggak siih kaLo haL ini terus terjadi sampai 15 tahun kemudian ? suhu udara bumi ini pasTi sudah panas banget !
 saLah saTu yang juga memberi kontribusi gLobaL warming itu adaLah orang obesitas. Menurut peneLitian yang diLakukan PhiL Edwards dan Ian Roberts dan disiarkan daLam InternationaL JournaL of EpidemioLogy, diperkirakan masing – masing orang obesitas bertanggung jawab atas 1 ton karbondioksida (CO2) daLam 1 tahun ! wauu, unTung gw kurus.. haha..
 pemanasan gLobaL mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio - geofisik, seperti peLeLehan esdi kutub, kenaikan muka air laut, perLuasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan ikLim, punahnya fLora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dll.
 Kenaikan permukaan air laut secara umum akan mengakibatkan dampak meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir, perubahan arus laut dan meLuasnya intrusi air laut, ancaman terhadap kegiatan social – ekonomi masyarakat pesisir, berkurangnya luas daratan atau hiLangnya puLau – puLau keciL.
Tindakan yang dapaT kiTa lakukan ?
 Gunakan lampu seperLunya
 Kurangi pemakaian laptop (berat banget !), AC, dan barang – barang lain yang dapat menyumbang panas.
 Buang sampah pada tempatnya
 Kurangi penggunaan kertas dan tissue yang berLebihan. Karena itu bisa mengakibatkan banyak pohon ditebang. (g usah beLajar kaLo pake kertas ! haha)
 Kurangi pemakaian air, soaLnya air bersiih udah muLai susah. (buktinya dikosan gw !)
 Tanam pohon, waLau pun pohon toge ! tanaman yang mengeLuarkan oksigen biisa mereduksi karbondioksida yang semakin meningkat karena poLusi. Dan tahu nggak kaLo 1 batang pohon aje bisa nyerap 12 kg CO2, dan mengeLuarkan O2 untuk 4 juTa orang seLama 1 tahun.
 Kurangi pake kendaraan bermotor. pasTii susah banget kan ??! sebagian orang masih maLu memakai sepeda, termasuk gw juga kadang – kadang.
 Kurangi sampah pLastik. Kantong pLastik bisa diganti dengan kantong yang terbuat dari kain
 Be creative ! daur uLang sampah pLastik dengan membuat tempat HP atau frame foto, dll. (haha, laguan gw aje)
Safe Our Earth !!!!!






No comments:

Post a Comment