Saturday, May 16, 2009

Menambah Clip Art


Tidak usah di ragukan lagi, bahwa clip art sangat membantu kita dalam memperindah tampilan dokumen kita. Baik itu dokumen resmi maupun tidak resmi semacam undangan ulang tahun dan sebagainya. Saya juga biasanya menggunakan clip art dari Microsoft Office untuk memperindah blog-blog saya. Tapi sayangnya jika kita mengandalkan koleksi clip art yang kita dapatkan dari instalasi default Microsoft Office tentu anda akan kecewa. Hal ini di sebabkan karena sangat terbatasnya koleksi yang included di dalam bawaan instalasi Microsoft Office.

1. Dalam kasus ini saya akan menggunakan Microsoft Word sebagai perantara saya untuk mengunduh clip art-clip art online tersebut. Tetapi di kemudian waktu anda bisa menggunakan clip art unduhan tersebut di dalam Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint (dan aplikasi yang lainnya yang tergabung dalam Microsoft Office tetapi di beberapa aplikasi yang sudah mendukung OLE, kita juga bisa menggunakan clip art gallery milik Microsoft Office).

2. Setelah Microsoft Word terbuka, klik menu Insert lalu klik ikon Clip Art di ribbon bar.
Insert -> Clip Art

3. Lalu sidebar Clip Art akan muncul di layar sebelah kanan. Lalu klik combo Search in lalu pastikan Web Collections sudah dalam keadaan tercentang. Opsi ini tentu akan mengikut sertakan koleksi clip art online milik Microsoft. Lalu ketikan kata kunci clip art yang anda inginkan di isian Search for dan terakhir klik tombol Go.

4. Ada kemungkinan jika ini adalah pencarian kita yang pertama kali, anda akan di tanya tentang pengikut sertaan pencarian online, jawab Yes aja.

5. Lalu Microsoft Word akan mencari clipart dengan kata kunci yang anda maksud. Kalau dalam artikel ini saya akan mencari clip art “komputer”. Setelah menunggu beberapa detik, akan keluar hasilnya dalam bentuk thumbnail-thumbnail.

6. Untuk memasukan clip art yang anda inginkan ke dalam dokumen anda, arahkan mouse anda ke gambar yang anda maksud dan klik panah ke bawah pilih menu Insert atau anda bisa langsung klik clip art tersebut.

7. Nah, ini dia clip art setelah dimasukan ke dalam dokumen Word saya.

8. Perlu di ketahui bahwa hasil cari tidak akan di simpan secara otomatis ke dalam clip art galery. Untuk memasukan clip art kesayangan kita dari hasil cari online ini, lakukan seperti langkah 6, hanya saja pilih menu Make Available Offline…

9. Lalu simpan ke dalam folder gallery pilihan anda, jika anda ingin membuat folder tersendiri, klik tombol New lalu berikan nama yang representatif.
Masukan ke folder yang representatif

Oya, untuk melihat hasil unduhan, anda bisa klik link Organize clips… di side bar Clip Art bagian bawah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan.



No comments:

Post a Comment