Monday, May 18, 2009

SOFTWARE

Perkembangan software dan hardware sangatlah pesat sejak beredarnya computer personal di pasaran dengan harga yang semakin terjangkau. Dengan kemajuan teknologi, semakin banyak orang yang mempelajari ilmu computer. Perkembangan software juga semakin cepat karena semakin banyak software yang dibutuhkan untuk membantu kehidupan manusia.
Computer tidak biswa berinteraksi dengan manusia bila tiada jematan yang menghubungkan keduanya. Computer dan manusia bisa berhubungan dengan mengunakan software. Software dibuat dengan nenggunakan bahasa yang ditulis dengan menggunakan bahsa awam (bahasa Inggris) yang kemudian diterjemahkan oleh computer ke dalam bahasa mesin.
Pembuat software yang pertama adalah Ada Augstus (1815 – 1853), seorang anak perempuan seniman Lord Byron. Software yang dibuatnya diterapkan pada Babbage’s Analytical Engine, sehingg namanya diabadikan sebagai nama sebuah bahasa pemrograman computer pada tahun 1983. Ada merupakan bahasa computer yang digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat perang taktik dan pertahanan Amerika Serikat.
Pemrograman pada computer generasi pertama kebanyakan dilakukan oleh ahli teknik dan matematika yang menggunakan computer untuk menyelesaikan permasalahan di bidang kerja mereka. Pembuatan program dilakukan dengan menghubungkan beberapa sirkuit di dalam computer atau dengan membuat program dalam bahasa mesin (machine language) yang kita kenal sebagai bahasa assembly yang disimpan di dalam computer secar permanen.
Pekerjaan yang dilakukan untuk memrogram adalah dengan menghubungkan sirkuit computer sangatlah sulit untuk dilakukan karena pembuat program harus mengetahui dan memahami seluk – beluk jaringan computer yang digunakannya. Kesulitan tersebut mendoronglah mereka menciptakan suatu bahasa pemrograman yang lebih mudah. Muncullah istilah bahasa tingkat tinggi. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang dipakai manusia sehari – hari, yaitu bahasa Inggris dengan menggunakan aturan tertentu.
Sampai akhir tahun 90-an, pemrograman computer masih dimoopoli orang2 yang ahli. Sekarang hal itu sudah tidak berlaku lagi. Perjalanan waktu dan perkembangan minat manusia untuk berinteraksi dengan computer memunculkan programer2 yang memiliki latar belakang yang beraneka ragam. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan manusia akan informasi dan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari – hari.
Perkembangan bahasa tingkat tinggi terus berlanjut sampai sekarang, tetapi dengan penekana lebih pada pemrograman berorientasi objek, seperti bahasa Visual dBase, Visual J++, Visual C/C++, Delphi, Visual Basic, Java, dll. Dengan pemrograman berorientasi objek maka lebih mudah bagi manusia untuk berinteraksi dengan computer, karena gambaran cara kerja program diberikan dengan menggunakan tampilan yang lebih mudah dimengerti oleh kebanyakan orang.






No comments:

Post a Comment