Monday, May 18, 2009

KECERDASAN BUATAN

Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan suatu bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.
Kecerdasan buatan mempunyai peran yang sangat penting da;am pengembangan HCI (Human Computer Interaction) atau yang lebih dikenal dengan IMK (Interaksi Manusia Komputer) untuk masa yang akan datang, di mana diharapkan akan tercipta suatu system yang benar2 andal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia. Misalnya, untuk pembuatan lukisan, lukisan yang dibuat secara manual oleh manusia lebih memiliki nilai seni. Diharapkan di masa depan, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, suatu lukisan yang dibuat oleh suatu system pun memiliki nilai seni, walau tidak seindah buatan manusia. Dengan kata lain, system itu hampir menyerupai pola pikir manusia.
Dengan kecerdasan buatan, maka manusia bisa menciptakan robot yang memiliki struktur tubuh mirip manusia, dengan kaki, tangan, dan kepala. Factor ini menyebabkan pekembangan HCI semakin sulit dibayangkan, seperti apa hasil perkembangannya untuk 50 tahun yang akan datang, tanpa mengesampingkan faktor2 lain, mengingat bahwa HCI merupakan satu kesatuan dengan berbagai factor pendukung lainnya.






No comments:

Post a Comment