Tuesday, April 28, 2009

Zanetti Penampil Aktif Terbanyak Inter

Jakarta - Javier Zanetti sudah menorehkan penampilan ke-600 buat Inter Milan. Sebagai satu-satunya pemain yang masih aktif di dalam 10 teratas daftar penampil terbanyak Inter, dia masih ingin terus menambahnya.

Laga ke-600 untuk "La Beneamata" digenapkan Zanetti saat melakoni lanjutan partai Seri A Italia melawan Lecce, Kamis (25/9/2008) dinihari WIB, di Stadion Giuseppe Meazza yang merupakan kandang Inter.



Beberapa menit sebelum peluit tanda pertandingan dimulai, sebuah prosesi kecil dilakukan di atas lapangan. Zanetti yang adalah kapten Inter diserahi sebuah piringan penghargaan dari wakilnya, Ivan Cordoba.

"Saya sangat bangga. Sulit menemukan pemain yang bisa bertahan di satu klub selama sekian tahun dan tak mudah menjaga posisi Anda di klub seprestisius ini," ucap Zanetti sebelum mengukir penampilan ke-600-nya seperti diwartakan Channel 4.

Zanetti yang lahir di Buenos Aires, Argentina, 10 Agustus 35 tahun silam memulai karir sepakbolanya bersama klub lokal Talleres de Remedios de Escalada pada tahun 1992. Hanya semusim dia ada di sana karena Banfield langsung memboyongnya.

Di klub itu, nama Zanetti mulai mencuri perhatian. Sempat dilirik dua klub raksasa Argentina, River Plate dan Boca Juniors, Zanetti akhirnya menyeberang ke Italia untuk berbaju Inter tahun 1995. Situs Wikipedia menyebutnya sebagai salah satu pembelian pertama presiden Inter saat ini, Massimo Moratti.

Kendatipun Inter terbilang banyak mendatangkan pemain baru, posisi Zanetti belum tergeser. Performa dan kepemimpinannya membuat dia terus dipercaya. Kesempatan ini pun dijawabnya dengan kesetiaan dan konsistensi.

Sudah tampil 600 kali, puaskah Zanetti? Belum, rencananya ke depan adalah melampaui catatan Giacinto Facchetti yang jadi penampil terbanyak kedua Inter. Zanetti terpaut 34 pertandingan lagi dari jumlah penampilan presiden Inter Milan dari tahun 2004 sampai tutup usia tahun 2006 tersebut.

"Akan sangat berarti untuk mencapai total pencapaian Facchetti karena hubungan yang saya miliki dengannya. Dia contoh bagi kami semua karena dia selalu hadir di saat yang baik dan juga buruk. Sejak kematiannya dia belum dilupakan oleh fans Inter," ungkap Zanetti kepada Gazzetta dello Sport seperti dilansir Goal.

Dalam daftar penampil terbanyak untuk Inter di seluruh kompetisi, Zanetti menghuni posisi ketiga di bawah Facchetti (634) dan Giuseppe "Beppe" Bergomi yang ada di posisi teratas dengan 758 penampilan. Dalam daftar sepuluh besar kategori ini, Zanetti adalah satu-satunya pemain yang masih aktif berbaju "Hitam-Biru".

Penampil Terbanyak Inter Milan di Seluruh Kompetisi:
1. Giuseppe Bergomi 758 penampilan
2. Giacinto Facchetti 634 penampilan
3. Javier Zanetti 600 penampilan (masih aktif)
4. Sandro Mazzola 565 penampilan
5. Giuseppe Baresi 559 penampilan
6. Mario Corso 502 penampilan
7. Walter Zenga 473 penampilan
8. Tarcisio Burgnich 467 penampilan
9. Alessandro Altobelli 466 penampilan
10.Riccardo Ferri 418 penampilan

No comments:

Post a Comment